Wednesday, January 28, 2015

Warisan Teragung Sang Guru Besar


Warisan Teragung Sang Guru Besar 
 Penulis: Syekh 'Abdul Qadir Jaelani 
 Terbitan: Sahara Publishers 
 Harga: RM35.00 

 Tujuan Allah Swt menciptakan manusia adalah untuk beribadah kepadaNya, sayangnya sebagian mereka justru berpaling dari-Nya, bahkan menyembah dunia. Faktanya kehidupan dunia hanya sementara, ia adalah tempatnya ujian dan cobaan. Dunia ibarat ladang untuk menanam kebaikan, adapun hasilnya akan dipetik di kehidupan akhirat. 

 Seyogyanya manusia harus menjadikan akhirat sebagai modal utama, sedangkan dunia sebagai keuntungannya. Ia wajib mengutamakan waktunya untuk akhirat. Selebihnya, barulah ia gunakan untuk mencari dunia dan penghidupan. Namun yang terjadi adalah sebaliknya; dunia dijadikan sebagai modal utama, dan akhirat sebagai keuntungan. Selebihnya, barulah ia gunakan untuk mencari akhirat, seperti menunaikan shalat, puasa, dan berbagai kewajiban lain yang hanya bertujuan untuk mengugurkan kewajiban semata. Ini terjadi karena manusia --yang seharunys mengendalikan-- sebaliknya ia dikendalikan oleh jiwa, hawa nafsu, dan setannya yang senantiasa membujuk dan menggodanya agar mau menempuh jalan kesesatan yang justru menghasilkan kesengsaraan di dunia dan di akhirat. 

 Siapapun yang menginginkan keselamatan. Ia harus menjauhi jalan setan dan hawa nafsu, bersabar dan ridha saat menghadapi cobaan, tidak mengeluh kepada makhluk, hanya memohon kepada Allah Swt, senantiasa mentaati-Nya, menunggu kelapangan dari-Nya, dan hanya mencurahkan tenaga untuk beribadah kepada-Nya. Sebab Dia lebih baik dari siapapun termasuk semua makhluk-Nya. Larangan-Nya adalah pemberian, hukuman-Nya adalah kenikmatan, cobaan-Nya adalah obat, janji-Nya adalah kritik, perkataan-Nya adalah perbuatan, dan kehendak-Nya adalah perkataan dan perintah-Nya. Ketika Dia menghendaki sesuatu, Dia tinggal berkata, "Jadilah!" maka terjadilah apa yang dikehendaki-Nya. 

 Inilah buku penuntun bagi jiwa untuk selalu taat. Ia laksana setitik cahaya yang berada di tengah belantara kegelapan hati. Ia juga mengajak siapa pun Anda yang menginginkan Allah swt dan selalu berada di jalan-Nya.

No comments:

Post a Comment