Monday, January 4, 2016

Buku Saku Etika Islam Sehari-hari


Buku Saku Etika Islam Sehari-hari 
 Penulis: Syekh Abdul Qadir al-Jailani 
 Terbitan: Zaman 
 Harga: RM26.00 

 Islam adalah agama yang luhur dan agung. Islam tidak sekadar mengatur hubungan baik antara hamba dan Tuhannya, tapi juga mengatur hubungan indah antara hamba dengan sesama hamba, bahkan antara hamba dengan alam raya. 

 Buku ini menuntun kita bagaimana cara bertegur sapa dan mengucap salam, menerima kedatangan tamu, tata cara makan dan menghadiri undangan, etika di perjalanan, etika memakai cincin, etika mandi, bersuci dari hadats besar maupun kecil, etiket tidur, mencari rezeki, menikah dan melayani istri atau suami, serta bersikap sopan santun terhadap kedua orangtua, hingga ber-amar makruf nahi munkar di jalan-Nya. 

 Selain etika-etika dalam laku keseharian tersebut, dalam buku ini pun diurai bagaimana etika seorang muslim saat berhadapan dan berinteraksi dengan binatang. Membaca lembar demi lembar buku karya Sultan Aulia ini, kita akan menemukan manik-manik mutiara yang berkilauan dalam samudra ajaran Islam. 

Inilah karya tak ternilai yang diwariskan untuk generasi muslim agar memiliki etika dan kesantunan tidak hanya antara manusia dengan Tuhannya, tapi juga antara manusia dengan sesamanya, bahkan dengan alam dan lingkungannya.

No comments:

Post a Comment