Wednesday, May 25, 2011

Fatwa Rasulullah: Anda Bertanya, Rasulullah Menjawab


Fatwa Rasulullah: Anda Bertanya, Rasulullah Menjawab
Penulis: Ibnul Qayyim Al-Jauziyah
Terbitan: Pustaka As-Sunnah
Harga: RM115.00

Para sahabat radiyaallhu 'anhum tatkala menghadapi sebuah permasalahan yang rumit dan sulit dipecahkan, khususnya dalam persoalan agama, mereka langsung mendatangi Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam guna meminta fatwa dan nasehat-nasehat penting beliau. Karena itu, tak heran periode tersebut disebut sebagai kahiru quruun (sebaik-baik masa). Sebab, mereka mendapat bimbingan dan arahan langsung dari Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam.

Meskipun jawaban Rasulullah ketika itu diberikan kepada para sahabat, fatwa dan nasehat itu tetap penting bagi kaum Muslimin sesudah generasi sahabat sampai hari kiamat nanti. Pada dasarnya, Rasulullah tidak hanya menjawab pertanyaan sahabat, melaikan umat Islam secara keseluruhan.

Apalagi, seperti ditegaskan Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam, "Kutinggalkan padamu dua perkara, engkau tidak akan sesat selama-lamanya bila berpegang teguh pada keduanya, yakni Kitablah Allah (Al Qur'an) dan Sunnah Rasul."

Ulama besar yang juga penulis sangat produtif, Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, telah mengumpulkan tanya-jawab sahabat dan Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam itu dalam sebuah buku berjudul Fatawa Rasulullah yang di Indonesiakan oleh Penerbit As Sunnah menjadi Anda Bertanya Rasulullah Menjawab. Buku ini memuat berbagai fatwa penting dari lisan Rasulullah dengan uraian yang ringkas dan padat, misalnya tentang thaharah (bersuci), shalat, zakat, puasa dan haji.

Buku ini sangat penting bagi kaum Muslimin untuk memperoleh jawaban atas berbagai persoalan dalam kehidupan, terutama menyangkut masalah-masalah agama. Apa lagi penyajiannya dalam bentuk tanya jawab, sehingga lebih mudah dipahami.

No comments:

Post a Comment