Tuesday, December 10, 2013

Kenapa Umat Islam Tertinggal


Kenapa Umat Islam Tertinggal 
 Penulis: Syaikh Syakib Arslan 
 Terbitan: Pustaka Al-Kautsar 
 Harga: RM25.00 

 Buku yang pada tahun 1940 diterbitkan oleh Al-Manar Press ini menjawab pertanyaan terpenting bagi Dunia Islam: Kenapa umat Islam tertinggal? Dan kenapa umat lain maju? Jawaban atas pertanyaan kritis tersebut begitu gamblang disajikan dalam buku ini. Isinya menyentak kesadaran kaum Muslimin, menggerakkan tekad kita menuju perbaikan, dan secara jujur menunjukkan letak kelemahan dan kemerosotan kita. 

 Sejak awal penerbitannya, para musuh Islam berupaya keras agar jangan sampai buku ini tersebar di dunia Islam, khawatir jika kaum Muslimin bangkit. Tokoh kebangkitan pemikiran dan politik Islam, Syaikh Rasyid Ridha, berkomentar: “Beberapa negara kolonial dibuat gelisah dan sangat terguncang oleh buku ini. Negara-negara kolonial itu membujuk pemerintah Suriah untuk melarang peredarannya di sana, padahal negara itu beserta penduduknya paling berhak atas buku ini. Prancis pun melarangnya masuk ke Aljazair. Prancis mewanti-wanti agar masyarakat tidak membacanya, seolaholah buku ini wabah penyakit, dengan ancaman hukuman bagi pelanggar larangan tersebut.” 

 Sebaliknya, dunia Islam beserta para tokohnya justru menyambut hangat buah pena Syakib Arslan ini. Ia menjadi pusat perhatian yang tiada hentinya dipublikasikan dan disebarluaskan dari waktu ke waktu. Pustaka Al-Kautsar menghadirkan buku fenomenal ini kepada kaum Muslimin Indonesia. Semoga menjadi renungan dan instropeksi bagi terwujudnya kebangkitan Islam.

No comments:

Post a Comment