Monday, March 28, 2016

Berguru Kepada Allah


Berguru Kepada Allah 
 Penulis: Abu Sangkan 
 Harga: RM55.00 

 Ada banyak sekali pertanyaan pada diri kita. Sebagian dari pertanyaan ini mungkin kelihatan mudah dan jelas sekali bagi kelompok orang dan dapat dijawab dengan mudah. Untuk pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan hukum (fiqh) serta ilmu pengetahuan, jawaban atas pertanyaan tersebut dapat dilengkapi dengan bukti-bukti yang kuat, yang membuat kita menjadi jelas dan tidak ragu-ragu lagi atas kebenaran yang diberikan. Namun masih banyak sekali pertanyaan yang belum terjawab dengan baik. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya amat mendasar, tetapi tidak pernah mendapat jawaban yang konkret, antara lain adalah : 

 Apakah ada shalat khusyu' itu ? Mugkinkah orang awam bisa melakukannya ? Bagaimana Allah menjawab setiap doa ? Mengapa perbuatan jahat lebih mudah dilakukan sedangkan perbuatan baik memerlukan upaya yang besar untuk melaksanakannya ? 

 Barangkali kita sudah mendengar dan memperoleh jawaban untuk hal-hal tersebut. Tetapi karena jawaban tersebut tidak diberikan bersamaan rasanya (Dzauq), maka penjelasan itu hanyalah sebuah impian yang tidak pernah kunjung dirasakan dan akhirnya menganggap khusyu' itu hanyalah milik para wali dan para Nabi yang terdahulu, lalu kita menempatkan diri menjadi orang awam selamanya. 

Mungkin sebagian dari kita sulit untuk mempercayai bahwa jawaban atas pertanyaan itu bisa terjadi dan dirasakan oleh kita secara langsung, yaitu merasakan kehadiran Allah dalam setiap gerak kita, sebagaimana Sabda Rasulullah : An ta'budallaha ka annaka tarahu fainlam takun tarahu fainnahu yaraka (Engkau menyembah Allah seakan-akan melihat-Nya, apabila tidak mampu melihat-Nya sadari bahwa Dia selalu melihat engkau).

No comments:

Post a Comment