Monday, February 1, 2016

3 Permata Ulama dari Tanah Banjar


3 Permata Ulama dari Tanah Banjar 
 Penulis: Mohammad Taha Hassan 
 Terbitan: Green Dome 
 Harga: RM19.00 

 Buku ini adalah mengenai biografi, perjalanan hidup, metod dakwah, dan peranan para ulama berkarisma yang berasal dari Pulau Borneo. Mereka adalah asy-Syeikh Muhammad Arsyad al-Banjari, Kiyai Syarwani Abdan, Pengasas Pondok Pesantren Datuk Kalampayan Bangil dan Tuan Guru Zaini Abdul Ghani Martapura. 

 Dalam berdakwah, mereka mempamerkan akhlak dan budi pekerti luhur, sebagaimana yang ditunjukkan oleh Rasulullah saw. Mereka sangat menjunjung tinggi penyatuan dan kesatuan umat. Mereka telah menyebarkan Islam dengan santun, damai dan lemah lembut, sehingga masyarakat dengan mudah dan berlapang dada menerima apa-apa yang telah mereka sampaikan. Keberadaan mereka merupakan rahmat bagi kaum muslimin pada umumnya dan warga Banjar pada khususnya. Mereka memiliki jasa yang amat besar dalam menanamkan nilai-nilai keislaman di tanah air ini. Mereka meninggalkan banyak pencerahan bagi umat. 

 Semua ini merupakan bukti keberhasilan mereka dalam berdakwah dan semua itu telah dicatat dalam sejarah dengan tinta emas. Mereka telah menjadi contoh nyata dalam perjuangan, akhlak, ilmu dan hubungan sosial kemasyarakatan. Walaupun mereka telah tiada, namun jasa-jasa dan pengorbanan mereka akan selalu dikenang sepanjang masa.

No comments:

Post a Comment